Bermain Sambil Belajar Menggunakan Flash Card

bermain sambil belajar dengan flash card

bermain sambil belajar dengan flash card

Bermain sambil belajar menggunakan flash card sekarang sedang menjadi trend dalam dunia pendidikan anak usia dini di Indonesia. Banyak bayi dan balita belajar menggunakan flash card dan hasilnya sangat mengagumkan. Ada bayi pintar membaca sebelum usia 2 tahun karena orang tua mengajar membaca secara konsisten menggunakan metode belajar yang benar.

Sayang sekali kalau anak menghabiskan masa keemasan perkembangan otaknya hanya untuk bermain, padahal banyak kesempatan untuk menyisipkan pelajaran. Meskipun anak belajar banyak melalui bermain, namun permainan perlu diarahkan. Kalau dibiarkan bermain sendiri, anak tidak belajar secara optimal dari kegiatan bermainnya. Lebih memprihatinkan lagi kalau anak yang masih anak dibiarkan berjam-jam menonton televisi karena orang tua sibuk. Padahal banyak pengaruh buruk televisi bagi perkembangan anak balita.

Flash Card untuk Bermain Sambil Belajar

bermain sambil belajar dengan flash card

bermain sambil belajar dengan flash card

Aktivitas bermain sambil belajar akan efektif kalau ditemani oleh bunda atau pengasuh anak. Banyak sekali yang bisa dipelajari anak untuk pertumbuhan kecerdasannya secara optimal. Bukan hanya kecerdasan otak, tapi juga kecerdaan emosinal, sosial dan spiritual.

Bunda bisa menemani anak bermain sambil belajar menggunakan flash card bayi. Banyak pelajaran dasar yang bisa diperkenalkan. Sebagai contoh, flash card baca untuk mengajar membaca. Flash card hewan untuk memperkenalkan macam-macam hewan. Selain itu anak bisa belajar mengenal warna, mengenal anggota tubuh, mengenal bentuk, mengenal angka, mengenal huruf besar dan huruf kecil dan masih banyak yang lain. Bunda mengajarkannya secara bertahap satu per satu menggunakan flash card. Seperti pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Beberapa menit sehari yang dipakai untuk belajar bisa menjadi puluhan jam dalam setahun. Yang penting pelajaran apapun tidak boleh menjadi beban bagi anak dan bagi bunda. Kalau bunda menikmati kegiatan bermain sambil belajar, anak cenderung lebih antusias untuk belajar.

Karena dunia anak adalah dunia bermain, maka pelajaran tidak dilakukan dengan serius, tapi dalam suasana bermain sambil belajar. Tidak lama, cukup satu sampai tiga menit setiap sesi pelajaran. Tidak ada pemaksaan dalam bentuk apapun, karena anak hanya dapat belajar efektif dalam suasana gembira. Kalau anak menolak, mungkin waktunya kurang tepat. Carilah waktu lain. Artikel terkait : Bayi pintar membaca usia 12 bulan.

Flash Card Tidak Dipakai Mainan

Flash card bukan mainan meskipun dipakai untuk bermain sambil belajar. Sebagai kartu belajar, flash card tidak diberikan kepada anak untuk mainan. Setelah sesi belajar selesai, simpanlah flash card dan keluarkan lagi pada sesi pelajaran berikutnya. Banyak kasus anak kehilangan minat belajar karena bosan melihat flash card yang sudah dimainkannya berjam-jam. Apalagi kalau sudah kotor, kumal dan sobek.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program bermain sambil belajar menggunakan flash card bisa dibaca di blog Bayi Pintar dan Cerdas

Pos ini dipublikasikan di flash card membaca, flash card murah, Kartu Bayi dan Balita, Kartu Belajar, mengajar bayi, metode membaca, metode mengajar dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Bermain Sambil Belajar Menggunakan Flash Card

  1. Ping balik: Pelajaran Bayi 1 Tahun | Mengajar Bayi dan Balita

  2. Ping balik: Flash Card ABC untuk Mengajar Balita | Flash Card Bayi Pintar

  3. Ping balik: Contoh Flash Card ABC untuk Mengajar Balita | Flash Card Bayi Pintar

  4. Ping balik: Contoh Kartu Bayi Pintar Membaca | Mengajar Bayi dan Balita

  5. Ping balik: Mainan Edukasi Bayi Promo 50% | Mengajar Bayi dan Balita

Tinggalkan komentar